Home

Welcome to WordPress. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam augue pede, molestie eget, ...

Profil

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam augue pede, molestie eget, rhoncus at, convallis ut, eros. Aliquam pharetra. Nulla in tellus eget odio sagittis blandit. ...

Competition

Here's an mp3 file that was uploaded as an attachment: Juan Manuel Fangio by Yue And here's a link to an external mp3 file: Acclimate by General Fuzz Both are CC licensed. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Quisque sed felis. Aliquam sit amet felis. Mauris semper, velit semper laoreet dictum, ...

Article

Some block quote tests: Here's a one line quote. This part isn't quoted. Here's a much longer quote: Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. In dapibus. In pretium pede. Donec molestie facilisis ante. Ut a turpis ut ipsum pellentesque tincidunt. Morbi blandit sapien in mauris. Nulla lectus lorem, varius aliquet, ...

Download

I'm just a lowly contributor. My posts must be approved by the editor.Mauris semper, velit semper laoreet dictum, quam diam dictum urna, nec placerat elit nisl in quam. Etiam augue pede, molestie eget, rhoncus at, convallis ut, eros. Aliquam pharetra. Nulla in tellus eget odio sagittis blandit. Maecenas at ...

Posted by Unknown - - 0 komentar


Perubahan iklim merupakan sesuatu yang sulit untuk dihindari oleh mahluk hidup dizaman sekarang ini. Penyebabnya perubahan iklim itu adalah karena aktivitas manusia sendiri antara lain efek dari gas rumah kaca yang berkumpul di atmosfer kita, seperti gas karbon dioksida dan metana dan lain-lain yang mengakibatkan kerusakan lapisan ozon di atmosfer. Gas karbon dioksida ini sendiri dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil dan juga dari asap industri, sedangkan gas metana dihasilkan akibat pembuangan sampah. 


Perubahan iklim ini memberikan dampak yang sangat berpengaruh terhadap berbagai sisi kehidupan kita. Perubahan iklim ini dapat memberikan dampak eksterm bagi keberlangsungan kehidupan kita dan mahluk lainnya dibumi. Salah satu dampak ekstrem yang paling kita rasakan setiap hari adalah naiknya temperatur bumi yang makin hari makin panas dan juga terjadinya pergeseran musim yang mengakibatkan siklus musim jadi kacau. Ini patut menjadi perhatian kita, karena sangat berpengaruh bagi kehidupan kita, baik dari segi ekonomi, kesehatan, lingkungan dan juga kualitas sumber daya air.

1. Dampak kesehatan
         ”Pemanasan global” yang juga disebabkan perubahan iklim juga akan memicu kasus penyakit tropis yang ditularkan melalui serangga dan hewan seperti malaria dan juga demam berdarah. Semakin tinggi curah hujan, kasus DBD akan meningkat. suhu berhubungan negatif dengan kasus DBD, karena itu peningkatan suhu udara akan menurunkan kasus DBD. 

2. Dampak Lingkungan 
       Dampak perubahan iklim ini sendiri diperparah oleh masalah lingkungan, masalah kependudukan, dan masalah kemiskinan. Karena lingkungan yang rusak, alam akan lebih rapuh dalam menghadapi perubahan iklim. Dampak terhadap penataan ruang juga dapat terjadi antara lain apabila penyimpangan iklim berupa curah hujan yang cukup tinggi, memicu terjadinya gerakan tanah (longsor) yang berpotensi menimbulkan bencana alam, berupa : banjir dan tanah longsor. Dengan kata lain daerah rawan bencana menjadi perhatian perencanaan dalam mengalokasikan pemanfaatan ruang.

3. Dampak bagi Sumber daya air
            Pada pertengahan abad ini, rata-rata aliran air sungai dan ketersediaan air di daerah subtropis serta daerah tropis basah diperkirakan akan meningkat sebanyak 10-40%. Sementara di daerah subtropis dan daerah tropis yang kering, air akan berkurang sebanyak 10-30% sehingga daerah-daerah yang sekarang sering mengalami kekeringan akan semakin parah kondisinya.

4. Dampak ekonomi
           Dan yang terakhir adalah dampak ekonomi. Semua dampak perubahan iklim yang terjadi pada setiap lini kehidupan tersebut diatas pastilah secara langsung akan memberikan dampak terhadap perekonomian Indonesia akibat kerugian ekonomi yang harus ditanggung.

Dan itulah sebagian dampak dari banyak dampak yang diakibatkan perubahan iklim yang akan sangat berpegaruh dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita seharusnya sadar akan bahaya semua itu sejak dini, agar kita bisa meminimalisir dampak dari perubahan iklim itu sekecil mungkin untuk masa yang akan datang. lalu apa yang harus kita lakukan? Banyak sekali hal mudah yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir dampak tersebut. Diantaranya adalah : 

a. Menanamkan dan menerapkan falsafah HIJAU ke dalam diri kita dan mempraktekannya pada kehidupan kita
b. Belilah perlengkapan rumah tangga yang hemat energi dan ramah lingkungan.
c. Ganti bola lampu yang sering kita gunakan dengan bola lampu neon hemat energi. 
d. Matikan listrik, video, stereo dan komputer saat tidak digunakan dan jangan membiarkannya dalam kondisi stand by.
e. Lakukan gerakan 3R (Reuse, Reduce, Recycle)
f. Tunjukan kepedulian kita kepada lingkungan yang semakin gersang ini dengan MENANAM POHON.


Nah sekarang semua sudah tahu kan dampak dan juga solusi untuk mengurangi dampak perubahan iklim ituu? ayoooooooo mulai sekarang kita jaga bumi kita ini, kita lestarikan alam dan lingkungan kita untuk generasi masa depan !!!!


GO GREEN FOR OUR FUTURE !!

Leave a Reply